Makanan penurun darah tinggi yang wajib bagi penderita hipertensi

Penyakit hipertensi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang harus dihindari. Namun jika sudah terkena penyakit ini, mau tidak mau pola makan juga harus berubah secara berkelanjutan.

Penyakit darah tinggi atau hipertensi tidak boleh dianggap sepele, karena penyakit ini pada umumnya beresiko terjadinya komplikasi yang akhirnya memicu penyakit lain. Salah satu yang paling dianjurkan adalah dengan menjalankan pola makan yang sehat, yaitu dengan memakan makanan yang bergizi sekaligus mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan hipertensi.

Hipertensi dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain akibat obesitas berat badan yang berlebih. Oleh karena itu penderita hipertensi harus selalu menjaga asupan gizi seperti makanan tinggi serat, kalium, magnesium, kalsium dan protein.

sumber: thedailymeal.com

Makanan penurun tekanan darah tinggi

Memang seseorang penderita hipertensi harus secara rutin meminum obat sesuai anjuran dokter. Namun sebenarnya minum obat saja tidaklah cukup, akan tetapi harus dibarengi dengan pola makan yang sehat. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Yogurt

Yogurt adalah minuman yang terbuah dari susu yang difermentasi, Dan ternyata kandungan kalsium pada minuman yogurt ini cukup tinggi sehingga cocok untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu pada yogurt juga menganting probiotik tinggi yang akan menbantu menjaga daya tahan tubuh.

Cara mengkonsumsi yogurt dapat langsung diminum atau dicampur dengan beberapa makanan lain seperti kacang-kacangan, atau sebagai minuman pelengkap sehabis sarapan.

Susu skim

Selain yogurt, susu skim juga mengandung kalsium tinggi yang bagus untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan ada beberapa penelitian di luar negeri yang menyebutkan bahwa susu skim ini dapat secara efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan kalsiumnya.

Sayuran hijau segar

Sayuran merupakan makanan yang sangat mudah untuk ditemukan, mudah untuk dimasak dan harganya pun terjangkau. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, pilihlah sayuran hijau yang segar dan segera langsung dimasak, antara lain sayuran bayam, lobak hijau, sawi, dan selada. Pada sayuran tersebut selain memiliki kandungan kalium tinggi, juga terdapat vitamin yang sangat baik untuk kesehatan.

Ikan berlemak

Rutin mengkonsumsi ikan berlemak pada penderita hipertensi sangat baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Jenis ikan berlemak yang paling bagus adalah ikan salmon meskipun harganya yang relatif mahal. Selain itu ikan salmon memiliki kandungan omega-3 yang bukan hanya baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi, namun juga baik untuk kesehatan otak.

Cara memasak yang dianjurkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi adalah dengan memasak ikan salmon tidak terlalu matang, dan juga hindari bumbu-bumbu asin seperi garam karena garam justruk akan membuat tekanan darah tinggi naik.

Gandum utuh

Saat sekarang ini cukup banyak makanan yang mengandung gandum utuh, baik di minimarket maupun di supermarket dan tentu hal ini sudah ada penelitiannya. Bahkan menurut salah satu jurnal American Journal od Clinical Nutrition menyebutkan bahwa gandum utuh sangat baik sebagai makanan penurun darah tinggi.

Selain itu gandum utuh dipilih karena mengandung serat yang dinggi sehingga baik juga untuk pencernaan dan kesehatan usus. Beberapa makanan yang mengandung gantum utuh yang dapat Anda pilih antara lain sereal, roti, dan beberapa biskuit.

Kentang

Kentang memiliki kandungan kalium tinggi dan magnesium. Dengan kandungan ini cocok untuk makanan penurun tekanan darah tinggi. Namun lagi-lagi cara mengolah atau cara memasaknya yang harus benar. Yaitu hindari bumbu-bumbu yang kuat seperti penyedap rasa dan garam. Bagi penderita hipertensi, kentang lebih baik dikonsumsi dengan cara di rebus, ataupun dipanggang.

Cokelat hitam

Cokelat hitam kaya akan kandungan flavonoid yang bagus untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan flavonoid ini dapat membentuk kandungan oksida nitrat dalam tubuh yang akan membantu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah di dalam tubuh lebih lancar. Dengan aliran pembuluh darah yang lebih lancar maka tekanan darah tinggi akan berkurang secara signifikan.

Akan tetapi masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mendapatkan cokelat hitam tersebut. Jika memang demikian, Anda dapat mencari cokelat dengan komposisi kakao lebih dari 60%. Semakin tinggi kandungan kakao pada cokelat kemasan, maka kandungan flavonoidnya akan semakin banyak dan tentu itu sangat bagus.

Buah penurun tekanan darah tinggi

Makanan-makanan yang bagus untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi sudah anda ketahui. Namun selain makanan tersebut, ada banyak buah yang wajib dikonsumsi sehari-hari untuk membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Buah bit

Tidak semua orang suka buah bit, namun suka ataupun tidak suka, kandungan manfaat pada buah bit ini patut diacungi jempol. Buah bit memiliki banyak sekali manfaat termasuk untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Terkait kegunaan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, konsumsilah buah bit secara rutin setiap hari. Anda dapat menjadikannya sebagai penamping makanan atau sehabis olah raga. Yaitu dengan cara di jus atau di kukus. Agar rasa buah bit tidak terlalu pahit, Anda boleh saja menambahkan beberapa gula sebagai pemanis namun tidak boleh terlalu banyak.

Buah pisang

Buah pisang mengandung kalium yang tinggi dan kaya akan karbohidrat. Oleh karena itu buah ini cocok untuk membantu menurunkan kadar hipertensi dalam darah. Selain itu buah pisang dapat juga dikombinasikan dengan makanan lain seperti sereal gandum dan yogurt.

Buah Delima

Buah delima mengandung senyawa kalium dan polifenol yang efektif menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Kandungan polifenol pada buah delima ini sama persis dengan kandunga polifenol pada teh, cokelat hitam dan minyak zaitun.

Buah kiwi

Buah kiwi dikenal memiliki vitamin C yang tinggi dan antioksidan. Antioksidan pada buah kiwi dapat menangkal radikal bebas seperti halnya kandungan antioksidan pada buah manggis. Selain itu, buah kiwi ternyata mengandung magnesium, kalim dan kalsium yang dapat membantu menurunakn hipertensi. Buah kiwi di indonesia masih tergolong cukup mahal karena buah ini tidak tumbuh di Indonesia. Artinya buah kiwi di Indonesia masih import dari negara lain.

Buah berry

Menurut beberapa penelitian dari beberapa jurnal yang ditemukan, kandungan flavonoid pada buah ini bagus untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Biasanya buah berry dikombinasikan dengan buah pisang pada semangkok sereal gandum untuk sarapan pagi.

Buah alpukat

Siapa yang tidak kenal alpukat. Buah yang satu ini banyak diolah untuk beberapa bahan kesehatan dan kecantikan. Kandungan pada buah alpukat ternyata baik juga untuk menurunkan hipertensi, karena pada buah alpukat terkandung senyawa kalium, kalsium, mineral dan lemak baik.

Buah tomat

Buah tomat terutama pada tomat buah (bukan tomat sayur) baik untuk penderita hipertensi. Karena pada buah tomat terdapat kandungan antioksidan dan karatenoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat mengkonsumsi buah tomat dengan diolah menjadi jus atau langsung dimakan begitu saja.

Buah jeruk

Hampir semua orang suka buah jeruk. Selain mengandung vitamin C, pada buah jeruk juga terdapat kalium yang bagus untuk membantu penderita hipertensi. Meskipun kandungan kalium pada buah jeruk tidak sebanyak pada buah pisang misalnya, namun tetap saja buah ini merupakan salah satu buah yang direkomendasikan bagi penderita hipertensi.

Buah nanas

Buah nanas memiliki rasa yang bervariasi tergantung jenis buah nanas tersebut. Bagi penderita hipertensi, pilihlah nanas yang tidak terlalu asam dan cenderung sudah matang. Buah nanas yang terkenal adalah buah nanas madu karena memiliki rasa yang lebih manis secara alami. Selain itu buah nanas memiliki kandungan kalium yang cukup banyak.

Buah pir

Buah pir memiliki kandungan yang hampir banyak mengandung air, namun pada buah ini juga ternyata memiliki kandungan kalium cukup tinggi. Pada sepotong buah pir memiliki kandungan kalium sekitar 200mg. Selain itu buah pir juga terdapat lemak dan sedikit natrium.

Sebenarnya masih banyak buah lainnya yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Yang penting pilihlah buah yang kaya akan kalium dan kalsium.