Cara mengatasi rasa ngilu di gigi bagi pecinta kopi

Tidak semua orang merasakan rasa ngilu di gigi pada saat meminum kopi. Namun jika Anda salah satu orang yang merasakan rasa ngilu di gigi ketika meminum kopi, maka gigi Anda termasuk salah satu gigi yang sensitif.

Ketika seseorang memiliki gigi yang sensitif, maka makanan dan minumannya tentu akan dibatasi, terutama minuman dingin atau panas yang dapat seketika membuat gigi ngilu yang tidak tertahankan. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa ngilu di gigi bagi pecinta kopi?

Perlu diketahui bahwa sebenarnya kopi bukanlah penyebab rasa ngili di gigi. Namun yang lebih tepat adalah bagaimana cara penyajian dari kopi tersebut. Selain kopi, jika anda sering meminum minuman yang sangat dingin atau sangat panas, maka hal tersebut lah yang menjadi salah satu penyebab rasa ngilu di gigi. Terutama ketika setelah meminum kopi panas, Anda langsung meminum minuman lain yang dingin. Hal tersebut cukup berbahaya bagi gigi karena rasa ngilu akan langsung terasa di gigi.

gigi sensitif
Ilustrasi gigi sensitif dan yang sehat (sumber: apollowhitedental.com)

Jika rasa ngilu tersebut dibiarkan dan terus-menerus sering meminum minuman yang sangat dingin atau sangat panas, hal tersebut akan mengakibatkan resiko gigi berlubang lebih cepat, pengikisan enamel gigi, keretakan pada gigi, dan lain sebagainya.

Cara merawat gigi sensitif bagi Anda pecinta kopi

Sebenarnya cara merawat gigi sensitif cukup mudah terutama untuk Anda yang tetap ingin menikmati kopi, namun tidak ingin beresiko kerusakan gigi lebih cepat. Ikuti langkah berikut ini.

Jagalah kebersihan gigi secara rutin

Pastikan gigi Anda selalu dalam keadaan bersih dengan rajin menggosok gigi setiap pagi dan malam sebelum tidur. Karena gigi sensitif akan meningkatkan resiko kerusakan gigi pada saat gigi kotor dan jarang dibersihkan. Pada saat menggosok gigi gunakanlah sikat gigi yang sangat halus, atau minimal soft, jika memungkinkan carilah sikat gigi dengan sikat super soft.

Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif

Selain meminum minuman yang sangat dingin ataupun panas, gigi pun terkadang akan terasa ngilu pada saat menggosok gigi. Untuk itulah diperlukan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Pada pasta gigi yang khusus gigi sensitif biasanya dilengkapi dengan senyawa yang dapat melindungi bagian luar gigi dari sensitivitas akibat minuman yang dingin ataupun panas yang menjadi salah satu penyebab rasa gigi ngilu.

Bila perlu konsultasi dengan dokter gigi

Idealnya Anda harus memeriksakan diri pada dokter gigi setiap enam bulan sekali. Namun khusus untuk gigi sensitif biasanya akan melakukan kontrol lebih sering tergantung kondisi ngilu yang dirasakan. Dengan begitu permasalahan seputar gigi sensitif akan diminimalisir sedini mungkin dengan cara-cara yang tepat.

Dengan melakukan langkah-langkah perawatan yang tepat, meskipun memiliki gigi yang sensitif Anda tidak perlu khawatir untuk meminum kopi. Namun sangat disarankan jangan meminum kopi pada saat masih sangat panas atau sangat dingin dari es batu. Tunggulah suhu kopi se-netral mungkin atau setidaknya sampai hangat agar tidak terlalu berefek pada gigi sensitif.