Cara mengatasi kulit kepala gatal dengan bahan alami

Rambut merupakan salah satu bagian dari tubuh yang kesehatannya harus terjaga. Tidak hanya itu, rambut bagi wanita atau pria merupakan salah satu yang dapat membuat seseorang percaya diri jika rambutnya rapi dan terjaga.

Bahkan tidak jarang hanya karena rambut, seseorang dapat menghabiskan jutaan rupiah untuk merawat kesehatan rambut agar senantiasa selalu sehat dan terlihat indah. Namun jika salah satu masalah menimpa rambut, dapat membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Salah satunya adalah gatal di kulit kepala.

Apa sih penyebab gatal di kulit kepala?

sumber gambar: freepik.com

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab gatal di kulit kepala. Salah satunya adalah kulit kepala yang kering, rambut yang kurang bersih, atau adanya kutu rambut dapat menjadi penyebab gatal di kulit kepala.

Kulit kepala kering

Kelembapan setiap kulit kepala seseorang bisa berbeda-beda, ada yang berminyak, atau ada juga yang kering. Berbicara tentang kulit kepala yang kering, ternyata lebih beresiko mengalami gatal. Hal ini disebabkan karena kulit kepala mengalami kekurangan lapisan minyak. Nah lapisan minyak ini lah yang dapat membantu menangkal bakteri di kulit kepala termasuk kuman dan berbagai resiko infeksi.

Kenapa kulit kepala bisa kering? mungkin salah satunya adalah karena terlalu sering keramas sehingga menyebabkan lapisan minyak menjadi kering. Selain itu hal spele seperti terlalu sering menggunakan alat pengering rambut yang terlalu dekat dengan kulit kepala juga dapat menjadi salah satu penyebab kulit kepala menjadi kering.

Rambut yang kotor

Mungkin bagi Anda yang sering keramas dan dibarengi dengan kegiatan-kegiatan outdoor, rambut akan senantiasa bersih. Namun berbeda dengan orang yang sering bekerja atau berkegiatan di luar ruangan ataupun jarang mempedulikan kesehatan rambut, tentu akan lebih beresiko mengalami kulit kepala gatal.

Gatal pada kulit kepala akibat dari rambut yang kotor biasanya tedapat debu-debu yang bercampur dengan keringat, bahkan tidak menutup kemungkinan terdapt banyak ketombe sehingga mengakibatkan gatal-gatal pada kulit kepala.

Kutu rambut

Jika terdapat banyak ketombe pada rambut, dan jika dibiarkan secara terus-menerus tanpa dibersihkan, maka besar kemungkinan timbulnya kutu rambut yang menyebabkan gatal pada kulit kepala.

Kutu dapat melompat dan berpindah tempat ke rambut lain pada saat berdekatan tanpa mengenal jenis rambut. Selain itu, telur kutu yang secara kasat mata tidak terlihat akan menyebabkan kutu rambut tumbuh semakin banyak.

Penyakit dermatis

Dermatis merupakan salah satu penyakit kulit yang timbul di kulit kepala dengan gejala sering gatal-gatal pada kulit kepala dan timbul kemerahan. Biasanya hal ini dapat disertai dengan ketombe yang cukup banyak. Penyakit kulit dermatis disebut juga dengan eksim.

Cara mengatasi kulit kepala gatal dengan bahan alami

Jika Anda malas untuk memeriksa ke dokter dari gejala gatal di kulit kepala Anda, Anda dapat mengobati sendiri rasa gatal di kulit kepala dengan bahan-bahan alami. Selain untuk mengobati, bahan-bahan alami berikut dapat dijadikan sebagai perawatan rambut yang artinya dapat mencegah gatal pada kulit kepala.

Minyak kepala

Minyak kelapa memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah merawat kulit kepala agar tetap lembab dan tidak kering. Caranya sangat mudah, yaitu minyak kelapa cukup dioleskan padabagian kulit kepala, kemudian pijat-pijat secara lembut. Karena ini bersifat minyak, sebagian orang akan merasa tidak nyaman karena kulit kepala akan sedikit berlumur minya. Namun Anda akan merasakan bahwa gatal-gatal di kulit kepala akan seketika berkurang.

Sari buah lemon

Tahukah Anda bahwa sari buah lemot ternyata mengandung senyawa antiseptik yang dapat mengatasi gatal-gatal di kulit kepala. Caranya adalah cukup dengan melumuri kulit kepala dengan perasan jeruk lemon. Namun ketika kulit kepala Anda ada bagian yang iritasi akibat terlalu sering menggaruk karena gatal, lumuran perasan jeruk lemon ini akan membuat bagian kulit kepala yang iritasi akan terasa perih.

Minyak zaitun

Minyak zaitun selain dapat menghilangkan gatal di kulit kepala, ternyata menyehatkan rambut. Untuk mengobati gatal di kulit kepala, oleskan secara tipis minyak zaitun di kulit kepala pada malam hari. Kemudian keesokan harinya cuci rambut dengan sampo sehingga lumuran minyak zaitu hilang.

Lidah buaya

Pada lidah buaya terdapat banyak kandungan yang dapat bermanfaat menjaga kelembapan rambut secara alami. Namun bagi yang tidak terbiasa, bau lidah buaya ini akan cukup mengganggu. Caranya sama seperti bahan-bahan alami lainnya, cukup dioleskan pada kulit kepala rambut dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu cuci rambut dengan membilasnya. Anda akan merasakan bahwa gatal di kulit kepala akan terasa hilang.